Cara Membuat Akun Gmail

Cara Membuat Akun Gmail

Cara Membuat Akun Gmail


Khusus bagi anda yang baru mengenal internet dan belum memiliki email, berikut diuraikan langkah-langkah membuat akun Gmail.

Gmail sendiri adalah email dari Google... dulunya Gmail bukan perusahaan milik Google..., Gmail adalah email khusus untuk para penggemar komik kucing Garfield... jadi dulu namanya adalah Garfield Mail. Setelah dibeli Google namanya disingkat jadi Gmail saja.

Gmail sendiri adalah email yang paling banyak dipakai saat ini... selain itu jika anda membuat akun Gmail... maka otomatis anda akan memiliki akun Google Plus, Youtube, juga akun di Blogspot.

Format akun Gmail seperti ini >> namapanggilan@gmail.com


Berikut Langkah-Langkah Membuat Akun Gmail

Siapkan dahulu data-data berikut ini :
  • Nama Depan : sesuai nama depan anda
  • Nama Belakang : sesuai nama belakang anda
  • Nama Panggilan / User Name : untuk penamaan email gmail anda nanti (jado buatlah unik dan juga mudah diingat orang lain)
  • Password : Untuk Password usahakan minimal 15 digit dan berupa kombinasi angka dan huruf besar kecil (untuk keamanan email anda)...,  contoh: M4k4n54t3K4m81n6
  • Tanggal Lahir : format bulan tanggal tahun (umur anda harus minimal 18 tahun)
  • Jenis Kelamin : Male (pria) atau Female (wanita)
  • Nomor Hape Aktif : jika nanti diminta konfirmasi via sms
  • Email yang dimiliki : karang saja misal... awasjatuh@trotoar.com
  • Lokasi : wilayah negara yang ditempati.
Siapkan semua data-data di atas (buat ketikan di Notepad dan simpan... jangan sampai hilang).. agar nanti anda tinggal copy paste saja saat membuat akun Gmail.

Setelah itu anda klik link ini www.gmail.com tunggu hingga muncul tampilan berikut...;


 klik "Create an account" tunggu hingga muncul tampilan ini...;


Isikan form registrasi di atas dengan data-data yang tadi anda buat... tinggal lakukan copy paste saja.
Untuk "Choose you username" jika nama panggilan telah terpakai... karang nama lain... atau tambahkan saja dengan angka misal: 2000 atau 1980 atau lainnya... kreasikan saja menurut anda.


Untuk baris "Birthday" anda tinggal pilih saja utnuk bagian "bulan"... sedang kotak kedua isi dengan tanggal... kotak ketiga isi dengan tahun (format 4 digit misal 1980)


Klik pada "Gender" dengan memilih yang sesuai jenis kelamin anda... setelah isi semua data yang ada... dan ketik captcha... lalu pilih lokasi, terakhir klik di "I agree the Google Term....." hingga muncul checklist / centang... baru setelah anda cek data-datanya dan tidak ada yang salah...  anda baru klik "Next Step".... hingga muncul tampilan berikut...;




Setelah klik "Contimue To Gmail".... tunggu proses pembuatan...tidak lama... hingga muncul tampilan berikut...;



klik tombol "close" disimbolkan dengan tanda silang...., nanti akan muncul tampilan seperti ini..;



SELAMAT anda telah memilik akun di Gmail...., sekarang cara berkirim email... klik saja tombol "compose" seperti pada gambar di bawah ini...;


setelah mengklik tombol "compose" maka di kanan bawah akan muncul windows message draft seperti di bawah ini...;


yang perlu diisikan adalah..., alamat email yang akan dituju, judul emailnya, dan isi emailnya... terakhir adalah tombol "Send".. berikut tampilan jelasnya...;




Klik "Send" jika anda telah siap mengirimkan pesan anda... mudah bukan.

Selanjutanya yang perlu anda ketahui adalah... folder tersembunyi pada tampilan desktop Gmail (utamanya adalah folder SPAM)... cara membukanya arahkan pointer mouse di kata "More" seperti dibawah ini...;



Lalu klik kata "More" tadi... maka terlihat folder yang tadinya tersembunyi... seperti ini...;


Di sana ada folder SPAM..., folder ini akan menerima email-email yang dilaporkan sebagai SPAM... akan tetapi seringkali email baru yang BUKAN SPAM pun selalu mendarat di folder SPAM... biasanya nanti itu kalau anda mendaftar di layanan lain... di mana anda akan menerima email balasan dari layanan tersebut akan tetapi tidak ada temui.. karena ternyata masuk ke folder SPAM.

Jadi jika anda merasa telah dikirimi email... tapi tak mendapatknya... maka kemungkinan email tersebut jatuh ke folder SPAM... cara mengeceknya... seperti tadi langkah-langkahnya.

Sekarang...., cara anda log-out atau keluar dari Gmail yang benar... lakukanlah prosedure ini... pertama bawa pointer mouse ke kanan atas pada icon orang... seperti pada gambar di bawah...;



klik icon orang di atas hingga muncul window profile...., klik "Sign out"... hingga muncul tampilan berikut...;


di sana ada tampilan log-in yang masih terpampang alam email anda... usahakan jangan terpampang begitu... saat anda hendak tinggalkan komputer... lakukan penghilangan tampilan email anda dengan meng-klik kalimat "Sign in with a different account"... sampai muncul tampilan berikut...;


klik "Remove" hingga muncul tampilan berikut...;



ikuti langkah-langkah di atas... hingga nanti tampilan log-in menjadi seperti di bawah ini...;

ini kondisi log-out yang benar


Naah... sekarang email anda tak terpampang bukan..., ini akan mengamankan email anda dari para pencuri data yang berkeliaran di komputer yang anda pakai.

Oya... nanti untuk login kembali.... anda klik saja alamat ini: https://accounts.google.com/ServiceLogin
atau www.gmail.com  juga bisa... tinggal nanti klik Sign in (jika tampilan login tidak muncul).

Oke... jagalah email anda dan jangan lupa... data-data yang anda buat sebelumnya juga jangan hilang... simpan di tempat yang aman.

Demikian cara membuat akun gmail dan cara log-out yang benar.







No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top